Rabu, 22 Mei 2013

Alat dan Bahan untuk Merajut

Hai, selamat siang siang sahabat Bros Rajut Malang. Kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk kegiatan merajut, semoga bermanfaat :)

Ini nich alat dan bahan yang wajib kalian punya untuk merajut:

1. Hakpen/ Hook/ Jarum Rajut

 
















Hakpen ini adalah alat yang paling utama dalam merajut (crochet). Hakpen mempunyai ukuran yang bermacam- macam. Pilih hakpen yang sesuai dengan benang yang akan digunakan. Karena jika hakpen terlalu kecil, maka hasil rajutannya akan terlalu rapat dan kaku. Begitu juga sebaliknya, bila Hakpen terlalu besar hasil rajutannya jadi terlalu longgar.

Penggunaan bahan dan ukuran jarum yang disarankan :
1.  Nomor 1/0 utnuk benang katun ukuran 5
2.  Nomor 2/0 - 3/0 untuk benang katun nomor 10, benang rayon, benang wol 2 ply, benang wol lokal.
3.  Nomor 4/0 - 5/0 untuk benang katun nomor 10 - 30, benang wol 4 ply, benang softly cotton 4 ply
4.  Nomor 5/0 - 6/0 untuk benang softly cotton 5 - 6 ply, benang katun nomor 30
5.  Nomor 6/0 - 7/0 untuk benang softly cotton 8 ply
6.  Nomor 7/0 - 8/0 utnuk benang wol katun tebal (soft worsted yarn, benag bulky 10-12 ply)

2. Jarum Tapestry/ Jarum Tumpul














Jarum ini biasanya biasanya terbuat dari plastik dan dari besi. Jarum ini berfungsi pada waktu penyelesaian merajut, yaitu menyambung bagian- bagian rajutan atau untuk menyelipkan benang ke rajutan sehingga produk rajutan menjadi rapi. Harga jarum ini murah kok sekitar Rp.1000 - 2500 saja.

3. Gunting

















Yups, ini dia alat untuk mengunting- gunting dalam kegiatan merajut. kalau bisa gunting ini dikhususkan hanya untuk mengunting benang saja jadi ketajamannya terjaga.

4.













Biasanya saya dalam berkreasi menggunakan lem tembak ini. selain praktis juga ekonomis :). tapi teman- teman juga bisa memakai lem lain kok, misalnya lem UHU.

5. Benang Rajut













Benang Rajut ada yang impor dan lokal. Itu pun dengan bahan yang banyak sekali ragamnya. Pemilihan benang juga penting karena apabila salah dalam memilih, produk yang kita buat menjadi tidak sesuai seperti yang diharapkan. Jadi sesuaikan produk dan jenis benangnya...

Nah, itu beberapa alat dan bahan yang paling penting dalam merajut, semoga informasi ini bermanfaat :)

Untuk teman- teman yang ingin memiliki koleksi ebook rajutan, flanel, sewing, sulam, quilting, papercraft, origami, dll. Silahkan Klik Disini.

Selamat berCraft Ria ^_^

Selamat mencoba dan Happy Crochet ^^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar